Aher Restui Istrinya Maju Pada Pilgub Jabar 2018

Radio MQFM, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan sinyal positif kepada istrinya Netty Prasetyani Heryawan untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 mendatang. Nama Netty saat ini digadang-gadang akan maju di perhelatan Pilgub Jabar, dan dikabarkan akan disandingkan dengan Wakil Gubernur Jabar yang saat ini... Selengkapnya  »»

PKS Siapkan Kader Terbaik Pada Pilkada Serentak 2017

Radio MQFM, Bandung - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Siapkan kader terbaiknya untuk ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang.  Pada 2017 mendatang, sebanyak 106 daerah, baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan menggelar pilkada. Ketua Badan Pembinaan Kepala Daerah, DPP PKS, Ahmad Heryawan membeberkan... Selengkapnya  »»

Masyarakat Diminta tak Ragu Kritik Sinetron tak Bermutu

News Room MQFM, Bandung - Komisi Penyiaran Indonesia meminta masyarakat lebih kritis terhadap media khususnya televisi dan radio sehingga dapat memilih tayangan yang layak untuk ditonton. "Sekarang era reformasi, masyarakat jangan pasif terhadap televisi karena ada program tidak mendidik yang perlu dikritik," kata... Selengkapnya  »»

Pendaftaran dan pembatalan haji kini lebih mudah

News Room MQFM, Bandung - Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) mempermudah calon jemaah haji dalam melakukan proses pendaftaran dan pelunasan serta pembatalan haji reguler dan haji khusus. "Pendaftaran akan lebih efektif, lebih mudah, dan dipastikan tidak dipungut... Selengkapnya  »»

Indonesia-Prancis Jajaki Kerja Sama Maritim

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman sedang menjajaki kerja sama dengan Perancis mengenai seputar kemaritiman. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, kerja sama ini demi memperkuat poros maritim yang tengah digencarkan pemerintahan Jokowi-JK. Rizal menjelaskan, sebanyak 22 orang asal Perancis yang... Selengkapnya  »»

Tito Karnavian Segera Dilantik Jadi Kepala BNPT

Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti merotasi sejumlah perwira tinggi. Rotasi tersebut tertuang dalam telegram rahasia Nomor ST/1604/III/2016. Komjen Saud Usman Nasution yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dimutasi menjadi perwira tinggi Bareskrim (nonjob) dalam rangka pensiun.... Selengkapnya  »»

BPS Catat Rupiah tak Hanya Melemah Terhadap Dolar AS

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai tukar rupiah selama Februari 2016 mengalami apresiasi 3,06 persen terhadap dolar AS. Secara rata-rata, nilai tukar rupiah tertinggi menyentuh level Rp 13.431,32 per dolar AS. Menurut provinsi, level tertinggi kurs tengah terjadi di Sumatera Selatan sebesar Rp 13.311,25 per dolar AS pada pekan... Selengkapnya  »»

OJK Luncurkan Pusat Pengembangan Keuangan Mikro

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Pusat Pengembangan Keuangan Mikro dan Inklusi atau “OJK Proksi”. Pusat ini ditujukan sebagai pusat pengembangan keuangan mikro dan inklusi keuangan di Indonesia. “Industri keuangan mikro memiliki peranan penting dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan usaha... Selengkapnya  »»

Bawaslu Minta BNN Dilibatkan dalam Rekrutmen Kepala Daerah

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nasrullah menuturkan Badan Narkotika Nasional (BNN) sebaiknya dilibatkan secara menyeluruh dalam rekrutmen calon kepala daerah. Keinginan tersebut menyusul tertangkapnya Bupati Ogan Ilir Ahmad Wazir Noviadi oleh BNN karena kedapatan mengkonsumsi narkotika. "Tidak ada alasan tidak... Selengkapnya  »»

DPRD Jawa Tengah Temukan Ribuan Penambangan Ilegal

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah mengungkap adanya ribuan titik praktik penambangan galian C yang beroperasi secara illegal di berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah. Maraknya pertambangan galian C yang dilakukan tanpa izin alias ilegal itu mengancam lingkungan di Jawa Tengah. “Yang membuat kami prihatin, ada... Selengkapnya  »»

Utang Indonesia ke China Semakin Melejit, Per Januari Sudah Naik 59 Persen

Total Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia kepada Negeri Tirai Bambu, China, tumbuh 59,61 persen selama setahun terakhir. Jika pada Januari 2015 utang Indonesia ke China 8,55 miliar dollar AS, maka per Januari 2016 tumbuh menjadi 13,65 miliar dollar AS, alias melejit 59 persen. Menariknya, dari lima negara kreditor besar Indonesia hanya utang ke... Selengkapnya  »»

KOMISI X DPR MINTA PROYEK HAMBALANG

Pemerintah berniat membangun kembali Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, usai Presiden Joko Widodo meninjau Proyek yang mangkrak akibat skandal korupsi tersebut. Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati menilai, jika meneruskan proyek tersebut, pemerintah sama saja membuang uang. "Itu... Selengkapnya  »»

Pengungsi Banjir Bandung Mulai Diserang Penyakit

Kabupaten Bandung tengah dilanda bencana banjir terburuk dalam 10 tahun terakhir. Lebih dari 35 ribu rumah terendam dan 50 ribu jiwa terdampak dengan sekitar 10 ribu di antaranya kini berada di sejumlah titik pengungsian. Para pengungsi yang berada di posko pun mulai terserang beberapa penyakit. Seperit penyakit kulit, gangguan... Selengkapnya  »»

Solusi Sementara, Taksi

Peneliti Kebijakan dari Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Muhammad Faiz Aziz mengapresiasi langkah cepat pemerintah dalam merespon polemik moda transportasi online yang belakangan mengemuka. Untuk solusi sementara, kata Aziz, sangat mungkin dibentuk sebuah badan hukum berbentuk koperasi untuk menampung para... Selengkapnya  »»

Lakukan Mutasi Besar, Polri Belum Adakan Penggantian Pimpinan

Indonesia Police Watch (IPW) memprediksi tidak ada penggantian jabatan orang nomor satu di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam mutasi besar pada awal April mendatang. Menurut lembaga pengamat kepolisian ini, penggantian posisi nomor satu di instansi itu baru dapat dilakukan setelah mutasi Kabareskrim, yang mungkin akan... Selengkapnya  »»

Penangguhan Penahanan Guru Honorer Pengancam MenPAN Dikabulkan

News Room MQFM, Bandung - Polisi mengabulkan permohonan penangguhan penahanan Mashudi, guru honorer yang diduga mengancam akan membantai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Yuddy Chrisnandi beserta keluarganya, melalui pesan singkat. Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda... Selengkapnya  »»

Investor Tiongkok akan bangun tiga kota baru di Indonesia

Kamar Berita MQFM, Bandung - Presiden China Fortune Land Development Co., Ltd, (CFLD) Zhao Hongjing mengatakan pihaknya berencana membangun tiga kota baru di Indonesia dalam tiga tahun mendatang secara bertahap. Zhao Hongjing mengatakan Indonesia menjadi salah satu daerah tujuan investasi yang menarik. "Karena itu, kami... Selengkapnya  »»

Rupiah menguat ke 13.054 per dolar AS

Kamar Berita MQFM, Bandung - Nilai tukar rupiah di pasar uang spot antarbank Jakarta Kamis sore bergerak menguat 103 poin menjadi 13.054 per dolar AS, setelah pada perdagangan sebelumnya ditutup pada 13.157 per dolar AS. "Nilai tukar rupiah bergerak menguat terhadap dolar AS seiring dengan fundamental ekonomi Indonesia yang... Selengkapnya  »»

Bagian Selatan Jawa Diguncang Gempa 4,2 Skala Richter

News Room MQFM, Bandung - Gempa berkekuatan 4,2 skala richter kembali terjadi di bagian selatan Jawa, Kamis (10/3/2016). Laporan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika, gempa yang bisa dirasakan ini terjadi di 93 kilometer dari tenggara Pacitan, Jawa Timur. "Pusat gempa di kedalaman 22 kilometer," tulis akun... Selengkapnya  »»

Bandara Internasional Jabar Diserahkan ke Pusat, Pemprov Minta Bagian 25 Persen

News Room MQFM, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) siap serahkan administrasi pengalihan pembiayaan pembangunan BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) di Kertajati Jawa Barat, ke pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan apa saja... Selengkapnya  »»

Permudah Informasi Lowongan Kerja, Disnaker Kota Bandung Buat Situs Khusus

News Room MQFM, Bandung - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung berencana membuat situs yang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Keberadaan situs itu untuk mempermudah warga Kota Bandung mencari dan mendapatkan informasi mengenai informasi lowongan pekerjaan secara spesifik. Kepala Disnaker Kota Bandung, Tono... Selengkapnya  »»

Kenaikan Iuran BPJS Langgar Nawacita

Pemerintah secara resmi menetapkan kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang berlaku untuk semua golongan, termasuk bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta mulai 1 April 2016 mendatang. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai bahwa kebijakan... Selengkapnya  »»

Positif Pakai Narkoba, Bupati Ogan Ilir Dibawa ke BNN

Bupati Ogan Ilir Ahmad Wazir Noviadi Mawardi dibawa ke Badan Narkotika Nasional, Cawang, Jakarta Timur, setelah ditangkap di rumahnya pada Ahad malam kemarin. Saat tiba dengan mobil tahanan BNN pukul 14.28 WIB, Senin, 13 Maret 2016, Noviadi seketika dikerubungi wartawan. Dari pantauan Tempo, Noviadi tiba bersama empat orang lain yang... Selengkapnya  »»

KPK Menahan Budi Supriyanto

Anggota Komisi V Fraksi Golkar Budi Supriyanto yang juga tersangka penerima suap proyek pembangunan jalan Kementerian PUPR resmi ditahan setelah menjalani pemeriksaan selama 4 jam oleh penyidik KPK pada Selasa, 15 Maret 2016. Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Yuyuk Andriati menuturkan Budi ditahan untuk kepentingan penyidikan... Selengkapnya  »»

Polisi Gagalkan Pernikahan Sesama Jenis di Wonosobo

Kepolisian Sektor Kepil, Polres Wonosobo, Jawa Tengah berhasil menggagalkan rencana pernikahan sejenis, sesama laki-laki, yakni antara Andi Budi Sutrisno alias Andini warga Desa Teges Wetan, Kepil dengan Didik Suseno dari Pituruh, Kabupaten Purworejo. Kapolsek Kepil AKP Surakhman di Wonosobo, Senin (14/3), mengatakan pihaknya menerima... Selengkapnya  »»

Menkominfo: Belum Ada Pemblokiran Aplikasi Transportasi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudi Antara mengatakan belum ada keputusan pemblokiran media transportasi berbasis aplikasi internet. "Pemblokiran, nanti kita lihat dulu," kata Rudi Antara ketika ditemui di Gedung Kemkominfo, Jakarta Pusat, Senin (14/3). Ia juga menjelaskan semua hal ada aturan dan undang-undangnya.... Selengkapnya  »»

Dilarang Masuk Palestina, Menlu Retno Lantik Konhor RI Ramallah di Amman

Menlu RI Retno Marsudi melantik Konsul Kehormatan (Konhor) pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shusheh. Pelantikan dilakukan di KBRI Amman karena Menlu dan rombongan dilarang otoritas Israel memasuki Ramallah. Pelantikan Konhor Indonesia di Palestina dihadiri Menlu Palestina, Riyad al-Maliki, para Duta Besar negara-negara ASEAN... Selengkapnya  »»

DPR Curigai Pinjaman dari China untuk 3 Bank BUMN

Ketua Komisi XI DPR RI Ahmadi Noor Supit menyatakan, nama-nama perusahaan yang memperoleh dana pinjaman dari Bank Pembangunan China (CDB) terkesan hanya itu-itu saja. Pinjaman CDB tersebut disalurkan melalui Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI) yang totalnya mencapai 3 miliar dollar AS. (Baca... Selengkapnya  »»

Ini Empat Alasan Mengapa Densus 88 Harus Dievaluasi

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan, KPAI minta pola kerja Densus 88 dievaluasi karena melanggar prinsip perlindungan anak. Penggeledahan Densus 88 di TK Roudlatul Athfal Terpadu Amanah Ummah, Klaten menimbulkan ketakutan bagi anak-anak dan bertentangan dengan prinsip perlindungan... Selengkapnya  »»

Jokowi Akan Hadiri Pembukaan Bhayangkara Cup di Bandung

Presiden Joko Widodo dipastikan menghadiri acara pembukaan turnamen sepak bola Bhayangkara Cup di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis, 17 Maret 2016. Presiden pun akan menyaksikan laga pembuka Persib Bandung melawan Mitra Kukar. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Barat Komisaris Besar Sulistio... Selengkapnya  »»

Kemendag Temukan Sapi Perah Disuntik Antibiotik

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Tertib Niaga Kemendag, Widodo, mengaku saat ini banyak menemukan peternak yang menyuntik antibiotik ke sapi perah dengan obat antimikroba. "Antibiotik itu seharusnya digunakan oleh mansuia, bukan diberikan ke hewan ternak," tutur Widodo, di kantornya, Selasa, 15 Maret 2016.... Selengkapnya  »»

Indonesia Ekspor Mi Instan ke Palestina

Indonesia membuka peluang ekspor mi instan ke Palestina, bahkan telah berhasil memasukkan 15 kontainer mi instan ke wilayah Tepi Barat. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan setelah resmi dibukanya Konsulat Kehormatan RI di Ramallah maka peningkatan kerja sama ekonomi harus terus dilakukan antara RI-Palestina. "Konsul... Selengkapnya  »»

Sinyal Pemerintah Turunkan Harga Premium

Pemerintah memberikan sinyal penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) khususnya jenis Premium dalam evaluasi mendatang. Pertimbangan utamanya adalah tren penurunan harga minyak mentah dunia yang dalam beberapa bulan terakhir bertahan di kisaran 40 dollar AS bahkan pernah menyentuh level lebih rendah lagi. Demikian disampaikan Deputi... Selengkapnya  »»

Komisi II DPR Wacanakan Perberat Syarat Calon Independen

Komisi II DPR RI ingin memperberat syarat untuk calon independen yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah serentak 2017 mendatang. Syarat ini akan diperberat dalam revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. "Timbul wacana di kita bahwa UU Pilkada ini harus pada asas keadilan.... Selengkapnya  »»

Pemerintah Dorong Ekspor Vaksin ke Arab Saudi

Pemerintah akan bersinergi dan mencari terobosan baru untuk meningkatkan ekspor vaksin ke Arab Saudi setelah negeri Petro Dolar tersebut berencana untuk meningkatkan impor produk itu dari Indonesia secara bertahap. "Pemerintah akan bersinergi mencari terobosan baru untuk dapat membantu peningkatan ekspor vaksin," kata... Selengkapnya  »»

Palembang Dianggap Lebih Siap Hadapi Asian Games 2018

Anggota Komisi X DPR-RI sekaligus mantan atlet tenis nasional Yayuk Basuki menilai Kota Palembang, Sumatera Selatan, lebih siap dalam hal infrastruktur untuk menghadapi ajang Asian Games 2018 daripada DKI Jakarta. "Kalau saya lihat Palembang sudah siap sekali untuk menjadi venue dari cabang-cabang olahraga yang akan... Selengkapnya  »»

Tarif Tol Cipali akan Didiskon 30 Persen Bulan Depan

PT Lintas Marga Sedaya (LMS) yang merupakan pengelola jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) berencana akan memberikan diskon hingga 30 persen.‎ Potongan harga ini akan dikenakan bagi kendaraan golongan II sampai golongan V. Wakil Direktur Utama PT LMS ‎Hudaya Arryanto mengatakan, program diskon ini dilakukan untuk memberikan... Selengkapnya  »»

Kemenhub Terbitkan Izin Usaha Kereta Cepat

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengeluarkan izin usaha penyelenggaraan prasarana perkeretaapian umum kepada PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Direktur Jenderal Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis mengatakan izin tersebut termuat dalam Keputusan Menteri... Selengkapnya  »»

DPR Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan dan Beri 4 Catatan

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi IX DPR RI menolak usulan kenaikan iuran jaminan kesehatan atau BPJS Kesehatan yang diusulkan pemerintah karena alasan yang diajukan tidak jelas. "Saya sangat kecewa karena pemerintah tidak bisa menjelaskan secara detail dan bertanggung jawab atas alasan kenaikan... Selengkapnya  »»

Penurunan BBM Subsidi pada April Lebih dari Rp 200 per Liter

Pemerintah memastikan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) penugasan seperti Premium dan Solar pada April nanti lebih dari Rp 200 per liter. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja menyatakan hal ini saat meninjau jaringan gas kota di Prabumulih, Sumatera SSelatan Ahad... Selengkapnya  »»

Pemerintah Diminta Bentuk Komisi Pengawas Umrah Indonesia

Ketua Umum Rabithah Haji Indonesia, Ade Marfuddin mendesak pemerintah segera membentuk Komisi Pengawas Umrah Indonesia. Ade mengatakan komisi ini sangat diperlukan untuk melindungi para jamaah dari segala bentuk kerugian yang berkaitan dengan penyelenggaraan umrah. “Sudah saatnya dibentuk komisi pengawas umrah Indonesia. Ini... Selengkapnya  »»

BMKG: Fenomena Equinox Tak Sama dengan Gelombang Panas

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, fenomena equinox yang akan terjadi besok, Senin (21/3/2016) merupakan fenomena yang wajar dan normal. Masyarakat tidak perlu khawatir dan diminta beraktivitas seperti biasa. Equinox adalah salah satu fenomena astronomi saat matahari berada tepat di garis khatulistiwa dan... Selengkapnya  »»

Rupiah Diperkirakan Kembali Melemah

Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada memprediksi laju rupiah melemah hari ini seiring belum menguatnya sejumlah mata uang terhadap dolar Amerika Serikat. Support rupiah diperkirakan berada di angka 13.175 dan resisten 13.160. “Masih melemahnya laju rupiah kian membuka ruang pelemahan lebih lanjut,” katanya,... Selengkapnya  »»

Flu Burung, Kementerian Pertanian Perketat Pengawasan

Kementerian Pertanian memperketat pengawasan unggas. Hal ini dilakukan terkait dengan ditemukannya kasus flu burung di beberapa daerah. "Kami telah mengirim edaran ke Dinas Peternakan DKI Jakarta untuk memperketat pengawasan di semua wilayah," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Muladno saat dihubungi, Ahad,... Selengkapnya  »»

Pemerintah Harus Serius Perhatikan Pembangunan Perbatasan

gota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN Sukiman menekankan agar pemerintah Joko Widodo (Jokowi) lebih serius memperhatikan kemajuan dan pembangunan di wilayah kawasan  perbatasan. Supaya pembangunan kawasan perbatasan bisa berjalan maksimal maka perlu dibentuk lembaga khusus setingkat menteri. "Selama ini pembangunan di... Selengkapnya  »»

KPK Tak Masalah Pembangunan Hambalang Dilanjutkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilakan pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Kabupaten Bogor untuk dilanjutkan. "Setuju dilanjutkan. Enggak masalah dilanjutkan. Kita punya dana, punya keahlian, teknologi, lokasi, dan lain-lain, dan sumber-sumber yang lain,"... Selengkapnya  »»

Presiden Jokowi Kunjungi Hambalang, SBY Bereaksi di Twitter

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menggelar kegiatan bernama SBY Tour de Java. Kegiatan itu dilaksanakan Partai Demokrat sejak 8 Maret 2016. Menurut dia, ada sejumlah pihak yang tidak senang dengan kegiatan tersebut.  “Sejumlah pihak tak senang dgn ‘SBY Tour de Java’, bahkan katanya safari tsb... Selengkapnya  »»

Pilkada Serentak 2017, KPK Minta KPU Soroti Mahar Politik

Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi Laode Muhamad Syarif meminta Komisi Pemilihan Umum lebih memperhatikan laporan keuangan para pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2017, termasuk mahar politik. Menurut Laode, dalam pilkada sebelumnya laporan tersebut hanya sekedar pemenuhan syarat administratif. "Padahal... Selengkapnya  »»

10 Ribu Sopir Angkutan Umum Kepung Gedung DPR

Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) berencana menggelar aksi mogok massal dan unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa besok, 22 Maret 2016. Humas PPAD Suharto mengatakan, aksi besok akan diikuti oleh lebih dari 10 ribu pengemudi angkutan darat dari lima wilayah di... Selengkapnya  »»

Komisi I Nilai Insiden Natuna Ancam Hubungan Diplomatik Indonesia-China

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menuturkan, ketegangan yang terjadi di Perairan Natuna, Sabtu (19/3/2016) lalu, dapat mengancam hubungan baik yang telah terbangun antara Indonesia dan China. DPR pun mendukung langkah Kementerian Luar Negeri yang melayangkan nota protes kepada Pemerintah China. "Kasus ini merupakan pelanggaran... Selengkapnya  »»

2.000 Perusahaan Asing tak Bayar Pajak Selama 10 Tahun

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro telah menyampaikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai adanya 2.000 perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang tidak membayar pajak. "Ada hampir 2.000 PMA di Indonesia yang selama 10 tahun tidak membayar pajak karena selalu mengklaim dirinya rugi," kata Bambang... Selengkapnya  »»

Komisi I Minta Peningkatan Pengawasan di Wilayah ZEE

TNI Angkatan Laut dan Kementerian Kelautan dan Perikanan diminta meningkatkan operasi pengamanan di wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) yang terdapat di seluruh wilayah Tanah Air. Anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya mengatakan, peningkatan pengawasan perlu dilakukan menyusul aksi pencurian ikan yang dilakukan kapal China yang berakhir... Selengkapnya  »»

Over Kapasitas Dinilai Jadi Pemicu Permasalahan di Lapas

Berbagai persoalan yang muncul terkait Lembaga Permasyarakatan (Lapas) yang terjadi belakangan ditengarai lantaran terjadinya over kapasitas atau berlebihannya kapasitas di dalam Lapas. "Sebetulnya akar permasalahan di pemasyarakatan itu over kapasitas, jadi semakin banyak warga binaan yang menghuni lapas rutan kita,... Selengkapnya  »»

Mensos Minta Pelaku Penelantaran Anak Disanksi Berat

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta aparat penegak hukum memberikan sanksi yang berat pada pelaku penelantaran serta perdagangan anak sebagaimana praktik penyewaan anak yang diungkap oleh Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan. "Di UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, penelantaran anak bisa dipenjara... Selengkapnya  »»

MUI Minta Polisi Tak Lunak Berantas Narkoba di Penjara

Ketua Komite Gerakan Nasional Antinarkoba Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, meminta pihak kepolisian menindak tegas petugas lembaga pemasyarakatan yang terlibat dalam peredaran narkoba. "Kami sangat prihatin dengan perdagangan dan penyebaran narkoba yang sudah merusak bangsa," kata Abbas, di Jakarta, Minggu... Selengkapnya  »»

Komisi X DPR RI Dukung Pemerintah Terapkan UNBK

Komisi X DPR RI mendukung secara penuh rencana pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Komitmen pemerintah untuk mewujudkan UNBK di seluruh Indonesia diharapkan bisa terwujud hingga tahun 2018.   “Walaupun saya melihat bahwa kita... Selengkapnya  »»

Jika Harga BBM Stabil, Inflasi Akan Terjaga

Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar yang berlaku mulai 1 April 2016 diharapkan bisa dipertahankan. Dengan demikian inflasi bahkan hingga puasa dan lebaran nanti bisa cukup terkendali. "Semoga harga BBM bisa stabil, kalau itu stabil pasti inflasi juga stabil," ungkap Sasmito Jadi Wibowo,... Selengkapnya  »»

Diknas Sulut Optimistis tak Terjadi Kebocoran Soal UN

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulawesi Utara (Sulut) Asiano Gemmy Kawatu optimistis tidak terjadi kebocoran soal ujian nasional (UN) yang dilaksanakan mulai Senin (4/4) ini. "Proses pengamanan naskah UN dilakukan sangat ketat sesuai pos yang ada dan melibatkan aparat kepolisian dari Polda Sulut terutama pada proses... Selengkapnya  »»

PON Jabar, Venue Balap Sepeda-Menembak di Cimahi Terbaik di Indonesia

Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat tahun 2016, Pemerintah Kota Cimahi dan Pemprov Jawa Barat melakukan sosialisasi dengan jalan sehat dan sejumlah event, di Lapangan Krida Kota Cimahi, Minggu (3/4/2016). Acara sosialisasi tersebut dirangkaikan dengan acara puncak HUT Damkar yang ke- 97 Kota Cimahi serta sosialisasi... Selengkapnya  »»

MENPORA UPAYAKAN DUKUNGAN DANA UNTUK RIO HARYANTO

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menjanjikan akan terus berupaya menggalang bantuan dana bagi pembalap Formula 1 (F1) Rio Haryanto. Terlebih, pembalap tim Manor Racing itu sudah menunjukkan progres positif. Menpora menilai, dari dua kali penampilan di ajang Grand Prix F1, pemuda asal Solo tersebut mampu menunjukkan... Selengkapnya  »»

Indonesia Perlu Perbaiki Kualitas Industri Penerbangan

Indonesia dinilai perlu untuk memperbaiki kualtas industri penerbangan, untuk mengantisipasi serta menjawab peluang dan tantangan yang muncul dari berlakukannya kebijakan ASEAN Open Sky di setiap aspek. Demikian hasil dari Seminar Internasional dengan tema: “Partnering in Opening the Skies of South East Asia, with Special... Selengkapnya  »»

Kepala Daerah Wajib Dukung Program Pemerintah

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyambut baik upaya pemerintah pusat dalam untuk memperkuat hubungan dengan pemerintah daerah agar tercipta pemerintah yang efektif dan efisien, melalui Rapat Kerja Pemerintah 2016 dengan seluruh kepala daerah hasil Pilkada serentak 2015. Menurutnya, hal itu penting untuk dilakukan guna menghasilkan... Selengkapnya  »»

Pengadaan Mobil Dinas, Legislatif Tak Satu Suara

Para anggota DPRD Jawa Barat ternyata belum satu suara perihal pengadaan mobil dinas jenis Toyota Fortuner senilai Rp50 miliar. Dari sejumlah fraksi yang dimintai keterangan, ada yang menolak ada juga yang setuju dengan pengadaan mobil mewah tersebut. Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD Jabar dengan tegas menolak pembelian... Selengkapnya  »»

Komputer Berisi Data Soal UN SMP Digondol Maling dari Percetakan

Satu unit komputer yang berisi data soal ujian nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) digondol kawanan perampok dari sebuah perusahaan percetakan di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/4/2016).  Menurut Kabag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena kepada Jpnn, Jumat (8/4/2016), meski yang hilang hanya satu unit... Selengkapnya  »»

Din Syamsudin Yakin Program Deradikalisasi adalah Proyek Amerika Serikat

Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Prof. Din Syamsudin mengatakan, dirinya yakin bahwa program deradikalisasi yang dicanangkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merupakan proyek dari kepentingan asing. “Saya sampai saat ini masih meyakini program deradikalisasi adalah proyek Amerika Serikat,” ujarnya dalam... Selengkapnya  »»

Menag: Pertahankan Fakultas Agama

Universitas Islam Negeri (UIN) diminta untuk tetap mempertahankan eksistensi fakultas agama. Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan kepada seluruh pimpinan UIN agar menguatkan komitmen untuk mempertahankan fakultas agama. “Mempertahankan Fakultas Agama menjadi peluang sekaligus tantangan bagi UIN. Kebijakan ini... Selengkapnya  »»

Wali Kota Cimahi Ancam Copot Jabatan Bawahannya yang Konsumsi Narkoba

Tes urine yang dilakukan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Cimahi dan Polres Cimahi di gedung B Pemkot Cimahi, Senin (11/4/2016), saat ini hanya untuk pejabat eselon 2, 3 dan eselon 4. Jika ada yang ketahuan mengkonsumsi narkoba, mereka akan ditindak dengan pencopotan dari jabatan. Wali Kota Kota Cimahi, Atty Suharti kepada galamedianews... Selengkapnya  »»

Aher Ajak Lestarikan Pendidikan Pesantren

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyatakan pesantren merupakan ciri khas Indonesia. Oleh sebab itu sebagai umat mayoritas mencapai 90 persen kaum muslimin wajib mempertahankan pesantren hingga kapanpun. "Pesantren identik dengan kebanggan, gelora Allahu AKbar di masa perjuangan hadir di psantren. Sulit mencapai kemerdekaan dan... Selengkapnya  »»

Perizinan Online Koperasi Diluncurkan, Kemenkop Harapkan Muncul Banyak Koperasi Baru

Kementerian Koperasi dan UKM terus mendorong terciptanya koperasi baru di seluruh Indonesia guna meningkatkan perekonomian dan juga menekan angka pengganguran di Indonesia. Salah satu cara yang ditempuh adalah meluncurkan perizinan koperasi secara online. "Intinya prosesnya yang kita sederhanakan, standarisasi, dan kita... Selengkapnya  »»

LPP NU Dukung Pembentukan Badan Pangan Nasional

Ketua Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Marwan Jafar mendorong pembentukan Badan Pangan Nasional sesuai amanat UU No 18/2012 serta untuk memenuhi program swasembada pangan dari pemerintah yang berjalan secara bertahap. "Kami mendorong ini karena ini mengatur logistik nasional yang mengangkut tentang... Selengkapnya  »»

Kota Baru Parahyangan Perpeluang Tuan Rumah Sosialisasi PON

Tempat penyelenggaran sosialisasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016 di Kabupaten Bandung Barat masih belum diputuskan. Ada dua lokasi yang dinominasikan yaitu Sesko AU Lembang, dan Kota Baru Parahyangan Padalarang. Sementara waktu penyelenggaran sosialisasi PON sudah ditetapkan tanggal 8 Mei mendatang. Rencananya akan... Selengkapnya  »»

Pembahasan DED Jalur Penghubung di Purwakarta Tak Jelas

Pemkab Purwakarta sempat melakukan pembahasan dengan Pemprov Jabar terkait detail engineering design (DED) jalur penghubung antar-kabupaten di wilayah itu pada tujuh tahun silam. Namun, sampai saat ini pengerjaan proyek tersebut tak kunjung terealisasi. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, dalam pembahasan rencana... Selengkapnya  »»

Rusia Kembali Serang Pemukiman di Aleppo, 17 Warga Tewas dan 45 Lainnya Terluka

Tujuh belas warga sipil tewas dan 45 lainnya luka-luka oleh serangan udara Rusia pada provinsi Aleppo di barat laut Suriah, kata seorang pejabat pertahanan sipil, Kamis (29/04/2016), Anadolu Agency melaporkan. Najib al-Ansar mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pesawat tempur Rusia menargetkan lingkungan warga di al-Kallasa. Sehari... Selengkapnya  »»

MPR Minta DPR Percepat Pembahasan RUU Kekerasan Seksual

Ketua MPR, Zulkifli Hasan menilai pembahasan Rencana Undang-undang tentang kekerasan seksual oleh DPR perlu dipercepat. Hal tersebut, kata dia, mengingat maraknya kasus kekerasan seksual di Indonesia. "Kekerasan seksual sangat tinggi dan membahayakan," kata Zulkifli di Jakarta, Sabtu (7/5). Untuk itu, lanjut dia, DPR... Selengkapnya  »»

Hasil Ujian Nasional Tingkat SMA Diumumkan Hari Ini

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan hari ini, Sabtu (7/5/2016) pihak sekolah harus mengumumkan kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA atau sederajat. Sesuai dengan perintah Kemendikbud itu, Dinas Pendidikan Kota Bekasi hari ini mengumumkan hasil kelulusan melalui sekolah masing-masing. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi,... Selengkapnya  »»

EMPAT WNI PENYANDERAAN MENDARAT DI LANUD HALIM PERDANAKUSUMA

... Selengkapnya  »»

KOALISI GEMUK AKAN DIBENTUK DI PILKADA JAKARTA

... Selengkapnya  »»

Menhan Tak Ingin Isu Kebangkitan PKI Timbulkan Keributan

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menginginkan agar semua pihak tidak terprovokasi dengan isu-isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia yang belakangan ramai diperbincangkan. Menurut dia, tak perlu ada pihak-pihak yang memancing emosi dan memicu pertumpahan darah. "Saya selalu ingatkan, saya tidak ingin ada ribut-ribut,... Selengkapnya  »»

Pengamat: Setya dan Akom Jadi Calon Kuat Ketum Golkar

Pengamat politik dari PARA Syndicate FS Swantoro menilai Setya Novanto dan Ade Komarudin adalah calon kuat untuk menjadi ketua umum DPP Partai Golongan Karya (Golkar) pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang dibuka Sabtu (14/5) di Bali. Swantoro membagi delapan calon ketua umum menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah... Selengkapnya  »»

PKH Efektif Kurangi Kemiskinan di Jabar

Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah bergulir sejak tahun 2007 lalu telah memberikan efektifitas yang signifikan dalam mengurangi angka kemiskinan di Provinsi Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan program PKH ini menjadi salah satu program pemerintah yang cukup efekif dalam mengurangi... Selengkapnya  »»

Flyover Padasuka Cimahi Beres Usai PON XIX/2016

Pembangunan flyover Padasuka yang  semula direncanakan untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016 dipastikan tidak akan tercapai. Pasalnya, Pemkot Cimahi baru mendapatkan surat rekomendasi dari Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan (Kemenhub) terkait rencana pembangunan flyover... Selengkapnya  »»

Indonesia Diminta Lebih Intensif Bangun Kerja Sama dengan Jepang

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Rofi Munawar meminta Presiden Jokowi untuk menjadikan Forum G7 sebagai momentum Indonesia untuk mendorong kemitraan strategis dengan negara-negara maju. Hal itu perlu diupayakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan cara membawa misi ekonomi yang lebih konkret serta... Selengkapnya  »»

Jenuh dengan Aksi Demo Mahasiswa, Dosen Unicen Mogok Mengajar

Sebanyak 628 dosen dan 321 pegawai administrasi Universitas Cenderawasih, Jayapura, mogok bekerja sejak Kamis (26/5 /2016 ) kemarin. Sebab, mereka merasa tertekan dengan aksi pemalangan kampus dan intimidasi yang dilakukan sekelompok mahasiswa selama dua tahun terakhir. Berdasarkan pantauan di kampus utama Universitas Cenderawasih... Selengkapnya  »»

Sebanyak 12.500 Orang Dilibatkan Dalam Gerakan Citarum Bestari

Sedikitnya 12.500 orang akan terjun dalam Gerakan Citarum Bestari. Gerakan yang dimulai 2-8 Juni 2016 mendatang untuk membersihkan Citarum dan anak sungainya yang tingkat pencemarannya sudah sangat tinggi. Gerakan Citarum itu akan melibatkan beberapa unsur masyarakat, TNI, Polri, dan relawan yang peduli terhadap Citarum. Belasan ribu... Selengkapnya  »»

Wagub Nilai Kehadiran FPI Berdampak Positif Bagi Masyarakat

Kehadiran organisasi masyarakat (ormas) yang kerap melakukan razia penyakit masyarakat terkadang dirasa perlu agar keberlangsungan hidup yang lebih baik. Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan, ormas seperti Front Pembela Islam (FPI) sebenarnya memberikan aura positif agar penyakit masyarakat seperti minuman keras,... Selengkapnya  »»

Kapolri Bidik Mafia Kartel Harga Sembako

Jelang Ramadan, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti menerjunkan satuan tugas untuk menelusuri mafia kartel harga sembako. Satgas tersebut dibentuk dari Kepolisian Daerah (Polda), Kepolisian Resort (Polres) sampai Kepolisian Sektor (Polsek) di seluruh wilayah Indonesia. "Mulai dari kemarin bapak Kapolri sudah melaksanakan... Selengkapnya  »»

Bank Dunia Beri Pinjaman 400 Juta Dolar AS untuk Meningkatkan Pajak Indonesia

Badan Direksi Bank Dunia (World Bank) menyetujui pinjaman Reformasi Fiskal Kebijakan Pembangunan senilai 400 juta dolar AS untuk meningkatkan pendapatan pajak dan memperkuat mutu belanja Indonesia. "Reformasi fiskal memungkinkan pemerintah mengalokasi lebih banyak dana ke program yang membantu masyarakat miskin," kata... Selengkapnya  »»

Komisi IX DPR Minta BPK Audit BPJS

Komisi IX masih menunggu sikap resmi pemerintah terkait kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Sebab, pemerintah mengisyaratkan akan mengkaji ulang Peraturan Presiden yang menyebut kenaikan iuran BPJS mulai 1 April nanti. Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf mengatakan pihaknya belum menyetujui rencana kenaikan iuran BPJS tersebut, dan meminta... Selengkapnya  »»

Penurunan Harga BBM Tunggu Pengesahan Presiden

Pemerintah akan segera menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM)‎ per April 2016. Perubahan harga ini dilakukan setelah harga minyak dunia yang mengalami penurunan dalam tiga bulan terakhir. Rencananya, pemerintah tak akan menurunkan harga BBM lebih dari Rp 1.000 Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas (Migas), Kementrian Energi... Selengkapnya  »»

Jika Investor Asing Hengkang, BUMN Siap Kelola Blok Masela

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, BUMN siap untuk mengelola Blok Masela jika investor tidak lagi menunjukkan minat untuk melakukan pengelolaan di ladang migas tersebut. "Insya Allah (BUMN siap). Kami berharap begitu, tetapi masih belum tahu," kata Menteri Rini di sela-sela acara Gerakan Penanaman 10.000 Pohon di Jalan... Selengkapnya  »»

Pimpinan MPR Ingatkan Pemerintah & DPR Bikin UU Umrah

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengingatkan pemerintah dan DPR segera membuat undang-undang tentang umrah. "Ibadah umrah sering menimbulkan masalah di tengah masyarakat, karena tidak profesionalnya penyelenggara umrah," kata Hidayat ketika menghadiri silaturahim dengan para tokoh masyarakat Jakarta Selatan di rumah... Selengkapnya  »»

Mulai Pukul 00.00 Nanti Tiket Lebaran Sudah Bisa Dibeli

Masyarakat yang merencanakan mudik Lebaran 2016 menggunakan sarana angkutan KA, sudah bisa melakukan pemesanan sejak Senin (28/3) dini hari. Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, menyatakan sesuai ketentuan pemesan sudah bisa dilakukan 90 hari sejak tanggal keberangkatan. 'Masa angkutan Lebaran, sudah kami tetapkan... Selengkapnya  »»

Temui Presiden di Istana, Muhammadiyah Ajak Jokowi Tangani Terorisme Tidak Dekonstruktif

Pimpinan Pusat Muhammadiyah sore ini bertemu Presiden RI Jokowi di Istana Merdeka Jakarta Pusat. Dalam pertemuan tersebut, PP Muhammadiyah yang dipimpin langsung Ketua Umum Haedar Nashir memberikan banyak masukan terkait masalah kebangsaan yang masih mendera bangsa Indonesia, mulai dari ekonomi hingga radikalisme dan... Selengkapnya  »»

Ketua MUI: Kunjungan Wartawan Indonesia ke Israel Merugikan Umat Islam

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH. Ma’ruf Amin menyatakan, bahwa merupakan suatu kerugian bagi umat Islam jika kunjungan sejumlah wartawan Indonesia ke Israel adalah sebagai bentuk dukungan adanya upaya hubungan diplomatik kedua negara. “Kalau ditafsirkan sebagai dukungan tentu merugikan,” ujarnya kepada... Selengkapnya  »»

Kemenag Apresiasi IAIN Bengkulu Buka Prodi Haji dan Umrah

IAIN Bengkulu menyelenggarakanFocus Group Discussion (FGD) bersama Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Gedung Rektorat IAIN Bengkulu, Jumat (8/4).  Dalam FGD tersebut hadir sebagai pemateri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis, dan Direktur... Selengkapnya  »»

Alasan PKS Pilih Ledia Hanifa Pengganti Fahri Hamzah

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid mengungkapkan alasan pihaknya memilih Ledia Hanifa untuk menggantikan Fahri Hamzah sebagai Wakil Ketua DPR RI. Sebelumnya, Fahri Hamzah telah dipecat oleh DPP PKS dari seluruh... Selengkapnya  »»

Saudi dan Mesir Sepakat Bangun Jembatan di Atas Laut Merah

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud hari bersepakat dengan Mesir membangun sebuah jembatan melintasi Laut Merah yang menghubungkan kedua negara itu, pada hari kedua kunjungannya ke Mesir. Raja Salman membuat pengumuman itu dalam pernyataan yang disiarkan di televisi setelah bertemu dengan Presiden Mesir, Abdul Fattah al-Sisi dan sebelum wakil... Selengkapnya  »»

PBB Desak Uni Eropa Tekan Israel Hentikan Penghancuran Properti di Tepi Barat

PBB telah meminta Uni Eropa untuk memberikan tekanan kepada Israel terkait penyitaan tanah yang terus dilakukan rezim dan penghancuran struktur bangunan di Tepi Barat yang diduduki, lapor AFP. “Kita telah memasuki fase baru dan cukup mengganggu dalam hal konfrontasi antara hukum humaniter internasional dan pendudukan... Selengkapnya  »»

Kemenag: Rohis Tangkal Kenakalan Remaja, Narkoba, Hingga Radikalisme

DIRJEN Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamarudin Amin menyatakan kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) di sekolah penting dalam rangka menolak penetrasi negatif dampak globalisasi seperti kerusakan moral, narkoba, hingga pergaulan bebas. Rohis merupakan kegiatan ekstrakulikuler dan bagian dari Organisasi Intra... Selengkapnya  »»

Biaya Haji 2016 Dipastikan Turun

Komisi VIII DPR memastikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2016 turun dibandingkan biaya tahun sebelumnya. "Komisi VIII DPR RI telah sepakat dan setujui besaran ongkos haji 2016 rata-rata Rp 34.641.304 setara dengan 2.585 dolar AS dengan kurs satu dolar AS sama dengan Rp 13.400," kata Ketua Komisi VIII DPR RI... Selengkapnya  »»

Biaya Haji 2016 Dipastikan Turun

Komisi VIII DPR memastikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2016 turun dibandingkan biaya tahun sebelumnya. "Komisi VIII DPR RI telah sepakat dan setujui besaran ongkos haji 2016 rata-rata Rp 34.641.304 setara dengan 2.585 dolar AS dengan kurs satu dolar AS sama dengan Rp 13.400," kata Ketua Komisi VIII DPR RI... Selengkapnya  »»

Ketua Umum MUI Luncurkan Majalah Halal Lifestyle

Ketua Umum MUI Pusat KH Dr (HC) Makruf Amin meresmikan peluncuran Majalah Halal Lifestyle di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (28/4). Peluncuran majalah itu dihadiri Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin Euis Saedah, Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Hariyadi B. Sukamdani, Waketum Dewan Masjid... Selengkapnya  »»

Penjajah Israel Seenaknya Jadikan Rumah Penduduk Palestina Jadi Pos Militer

Pasukan penjajah Israel di Tepi Barat telah menggunakan setidaknya tiga rumah keluarga Palestina sebagai tempat pos militer dalam beberapa bulan terakhir. Pada 18 April, sekitar pukul setengah 12 malam, selusin tentara Israel mengelilingi sebuah rumah di al-Lubban al-Sharqiya, desa yang bertempat sekitar 13 mil selatan... Selengkapnya  »»

Trump: Saya akan Larang Penyebaran Islam, jika Jadi Presiden

Tokoh anti Islam Amerika, Donald Trump, mengatakan pada hari Rabu (27/04/2016) bahwa menghentikan penyebaran Islam murni akan menjadi prioritas pemerintahnya jika ia terpilih sebagai presiden, lansir Al Arabiya News Channel, Kamis (28/04/2016). “Melarang penyebaran Islam radikal memang seharusnya menjadi tujuan kebijakan luar... Selengkapnya  »»

Pfizer Menolak Produk Farmasinya Dipakai Eksekusi Mati

Perusahaan farmasi terbesar di Amerika Serikat, Pfizer, baru-baru ini mengambil langkah guna mencegah produk farmasinya digunakan untuk menyuntik terpidana mati. “Kami dengan sangat keras menolak penggunaan produk-produk kami dalam proses penyuntikan pelaksanaan hukuman mati,” kata perusahaan itu seperti dikutip BBC... Selengkapnya  »»

Mesir Tak Ingin Buka Perlintasan Rafah Secara Total

MENTERI luar negeri Mesir, Shameh Syukri dilaporkan telah menolak seruan Sekjen PBB, Ban Ki Moon yang mendesak Mesir membuka perlintasan Rafah secara permanen. “Saya berharap semuanya tidak lupa bahwa Gaza masih berada dalam penjajahan Israel. Maka PBB-lah yang bertanggung jawab memasukikan bantuan baik kemanusiaan,... Selengkapnya  »»

Gelar Razia Busana, WH Aceh Jaring 30 Warga

Petugas Wilayatul Hisbah (WH) Aceh Utara, Provinsi Aceh, menertibkan sekaligus membina puluhan pelanggar aturan Syariat Islam. Kasatpol PP-WH Aceh Utara Fuad Muhktar melalui Ketua WH Teungku Murs alin, kepada wartawan, Jumat (13/5), mengatakan dalam razia busana yang digelar di kawasan Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, pada... Selengkapnya  »»

Emil: Anak Muda Bandung Harus Sibuk‎, Jangan Berkhayal!

‎Maraknya kriminalitas yang melibatkan anak muda dan minuman beralkohol, menjadi perhatian Pemerintah Kota Bandung. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta organisasi pemuda khususnya karang taruna memberdayakan pemuda dengan kegiatan-kegiatan positif. "Di Bandung kita punya prinsip anak muda harus sibuk, jangan sampai... Selengkapnya  »»

KPK Gelar Ngamen Bareng Antikorupsi di Bogor

KPK menggelar kampanye untuk mencegah korupsi bertajuk "Ngamen Bareng Antikorupsi" bersama dengan kelompok musik Pancaran Sinar Petromaks (PSP) di Stasiun Bogor. "Korupsi harus diberantas, dihabiskan, dipenjarakan supaya transportasi makin baik, rakyat semakin sejahtera, peradaban semakin baik. KPK akan... Selengkapnya  »»

Hukum Meminum Obat Pencegah Haid untuk Berpuasa

Ulama fikih telah sepakat bahwa orang yang haid tidak wajib berpuasa dan tidak sah puasanya. Datangnya haid ketika berpuasa membatalkan puasa dan wajib menggantinya di hari yang lain. Dari Muadzah, ia berkata, aku bertanya pada Aisyah radhiaallahu anha “ Mengapa orang haid mengganti puasa dan tidak mengganti sholat”, ia... Selengkapnya  »»

Pentingnya Niat dalam Amal

Mari kita ajukan sebuah pertanyaan, ‘’Apakah yang menjadi penyebab amal ibadah kita tidak diterima Alloh Swt?’’ Jawaban yang paling mendasar adalah karena salah niat. Di akhirat kelak ada seorang mujahid yang mati di medan perang,seorang yang rajin sedekah, dan seorang lagi pembaca Al-Quran, namun... Selengkapnya  »»